Survei Index Indonesia: Simulasi Paslon Anies-AHY Tertinggi, Disusul Prabowo-Muhaimin

Index Indonesia melakukan survei terkait elektabilitas pasangan calon Presiden dan calon wakil Presiden di wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka). Adapun Index Indonesia melakukan simulasi pasangan capres cawapres yang kemungkinan berpasangan pada Pilpres 2024, mendatang. Dari hasil survei, Index mencoba memasangkan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono, Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo dengan Amran Sulaiman.

Hasil survei menunjukan, jika pasangan Anies AHY unggul atas pasangan lainnya. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Index Indonesia Agung Prihatna dalam hasil survei Mengukur Kekuatan Nama nama Potensial Pilpres 2024 di Pamasuka melalui virtual, Jumat (10/9/2021). "Elektabilitas Anies AHY dengan 33,5 persen, Prabowo Muhaimin dengan 32,2 persen dan Ganjar Amran dengan 23,8 persen," kata Agung.

Lalu, pasangan lainnya yang coba disimulasikan yakni Puan Maharani Airlangga Hartarto dengan 4,7 persen dan sebanyak 0,4 persen menyatakan rahasia serta 5,4 persen betul menentukan pilihan. Agung menjelaskan, bahwa munculnya nama Amran Sulaiman dalam bursa cawapres ini dikarenakan bagian dari repersentasi tokoh Indonesia Timur. Sebagai informasi, Survei Index Indonesia dilakukan pada 22 31 Agustus 2021 dengan 1.000 resonden berusian di atas 17 tahun yang dipilih secara random.

Teknik ini diklaim mengandung margin of error 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wilayah Pamasuka dengan populasi 30 juta pemilih dianggap daerah potensial yang dapat mengubah percaturan politik Pilpres Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Ajudan Azis Syamsuddin Ungkap Pertemuan Bosnya dengan Eks Penyidik KPK Robin

Ajudan mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin, Dedi Yulianto, mengungkapkan pertemuan bosnya dengan eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) AKP Stepanus Robin Pattuju. "Di BAP 14 Dedi Yulianto mengatakan 'saya pernah melihat beberapa kali Robin Pattuju di rumah Azis Syamsuddin. Seingat saya kronologisnya adalah pada awal tahun 2020 sekitar sore hari Agus […]

Read More
Nasional

SBY Ingatkan Ancaman Krisis Iklim Hingga Masalah Pangan di Dunia

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti masalah perubahan iklim yang melanda belahan bumi akhir akhir ini. SBY mengungkapkan bahkan sebagian kalangan menyebut bahwa saat ini telah terjadi krisis iklim. "Isu ketiga ini topik bahasan kita yaitu isu perubahan iklim, pemanasan global, dan tentunya pembangunan berkelanjutan. di banyak negara. Banyak yang mengatakan bahwa kita ini […]

Read More