SBY Ingatkan Ancaman Krisis Iklim Hingga Masalah Pangan di Dunia

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti masalah perubahan iklim yang melanda belahan bumi akhir akhir ini. SBY mengungkapkan bahkan sebagian kalangan menyebut bahwa saat ini telah terjadi krisis iklim. "Isu ketiga ini topik bahasan kita yaitu isu perubahan iklim, pemanasan global, dan tentunya pembangunan berkelanjutan. di banyak negara. Banyak yang mengatakan bahwa kita ini bukan hanya menghadapi perubahan iklim, tapi krisis iklim," tutur SBY dalam webinar yang digelar UIN Ar Raniry, Senin (4/10/2021).

Dirinya meminta agar masyarakat dunia untuk mengantisipasi serta mencari solusi terkait krisis iklim yang terjadi. Dampak dari krisis iklim, menurut SBY, adalah masalah yang tidak dapat dipandang ringan. "Jangan main main Mari kita lakukan segala sesuatunya secara bersama secara nasional dan secara internasional untuk mengatasinya," tutur SBY.

Saat ini, kata SBY, penduduk dunia kita ini sekarang jumlahnya mencapai 7,9 miliar. Pada tahun 2050, diperkirakan jumlahnya akan mencapai 9 sampai 10 miliar manusia. "Nah kebutuhan dasar diperkirakan juga baik itu pangan, air, energi akan meningkat tajam 60 sampai 70 persen. Sementara bumi dan sumber sumber kehidupan kita sekarang ini sudah mengalami tekanan dan penurunan," ungkap SBY. Menurut SBY, hal ini merupakan tantangan besar yang harus dihadapi secara internasional.

Masalah pangan, menurut SBY, juga menjadi tantangan yang sangat serius untuk dicarikan solusinya. "Setiap malam ada satu miliar manusia yang tidurnya tidak nyenyak karena lapar, kurang makan, tidak punya uang untuk mencukupi kebutuhan pangannya. Ada bangsa yang kelebihan dan ada banhsa kekurangan pangan," pungkas SBY.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Ajudan Azis Syamsuddin Ungkap Pertemuan Bosnya dengan Eks Penyidik KPK Robin

Ajudan mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin, Dedi Yulianto, mengungkapkan pertemuan bosnya dengan eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) AKP Stepanus Robin Pattuju. "Di BAP 14 Dedi Yulianto mengatakan 'saya pernah melihat beberapa kali Robin Pattuju di rumah Azis Syamsuddin. Seingat saya kronologisnya adalah pada awal tahun 2020 sekitar sore hari Agus […]

Read More
Nasional

Densus 88 Jawab Peringatan Jepang Soal Ancaman Aksi Teror di Indonesia

Pemerintah Jepang menerbitkan peringatan kepada warganya untuk waspada akan ancaman serangan teror di Indonesia dan lima negara Asia Tenggara lainnya. Menanggapi hal itu, Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan pihaknya selalu bersiaga untuk memonitor gerakan jaringan di Indonesia. "Terima kasih infonya. Densus selalu dalam kondisi siaga untuk memonitor gerakan gerakan […]

Read More