Pemakaian Big Data dalam Kehidupan Sehari-Hari

Zaman sudah serba digital, sebuah informasi merupakan aset penting untuk mengambil keputusan. Adanya big data sangat diperlukan, apalagi jika digunakan untuk sebuah bisnis. Bukan hanya untuk berbisnis saja, sebuah informasi dipakai untuk kepentingan pribadi dalam mengambil keputusan yang besar. 

 

Contoh Pemakaian Big Data

Tidak  perlu jauh sampai ke perpustakaan untuk mencari sumber informasi, karena semua informasi tersebut bisa ditemukan di sekitar kita. Bahkan tanpa disadari, kita semua sudah memakai semua informasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Berikut contoh pemakaian big data. 

Pemakaian internet

Semakin lama semakin canggih teknologi di dunia. Semuanya bisa terhubung karena adanya internet. Biasanya yang paling banyak penggunaan internet adalah memakai Google. Diperkirakan ada jutaan orang yang memakai Google setiap detiknya, karena biasanya orang mencari segala informasi melalui Google. Semua data yang dicari merupakan data yang sudah tersimpan di Google. 

Memakai Smartphone

Hampir semua orang sudah memiliki smartphone. Sebenarnya smartphone tersebut juga mempunyai sejumlah data yang besar. Misalnya saja bisa menyimpan kontak telpon dan sms. Bukan hanya itu saja, smartphone juga bisa menyimpan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi. 

Selain itu ada Google Maps atau Waze yang bisa mengumpulkan semua informasi yang terkait dengan informasi lokasi yang diperlukan. Dan masih banyak hal lainnya yang bisa didapatkan ketika memakai smartphone. 

Adanya media sosial

Pemakaian media sosial tidak akan bisa lepas dalam kehidupan sehari-hari. Memasang foto dan status di media sosial merupakan bagian dari data. Bukan hanya itu saja, dari media sosial juga akan mendapatkan segala hal tentang kontak sendiri, dan hal-hal yang sering dicari dan ikuti di media sosial. 

Digitalisasi media

Sebelum internet menjadi populer, masyarakat masih memakai CD atau DVD agar bisa mendengarkan music dan melihat video. Sekarang sudah lebih dimudahkan, karena sudah bisa dilakukan melalui website dan berbagai macam aplikasi streaming. Misalnya saja ada Netflix dan Spotify. 

Dulu kalau membaca sebuah informasi lewat buku. Kini sudah ada layanan Kindle yang memberikan layanan layaknya seperti membaca buku. Amazon juga pasti akan mencatat buku apa saja yang sering dibaca oleh penggunanya, sehingga bisa merekomendasikan buku yang sesuai. 

Itulah beberapa contoh tentang big data yang ternyata tanpa disadari kita sudah memakainya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa dikatakan sebagai suatu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan untuk keperluan pribadi atau bisnis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Lifestyle

Cara Menjaga Kebersihan Toilet Duduk dengan Mudah

Toilet duduk merupakan salah satu pilihan toilet yang sudah mudah dijumpai. Bagi di rumah Anda yang mempunyai toilet duduk bisa mendapatkan kenyamanan ketika menggunakan jenis toilet ini. Sama seperti toilet jongkok, pastikan untuk memberikan toilet duduk tersebut secara rutin. Hal tersebut penting dilakukan karena di dudukan toilet, dan juga klosetnya mempunyai bakteri yang bisa menyebabkan penyakit […]

Read More
Lifestyle

Mengenal Definisi Dan Tips Memilih Platform Crypto Exchange Di Indonesia

Crypto adalah salah satu mata uang digital yang pertukarannya termasuk populer di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Ada beberapa platform Indonesia crypto exchange yang digunakan oleh para trader untuk melakukan traknsaksi jual beli mata uang digital tersebut. Perkembangan nilai mata uang crypto makin lama nampak makin menjanjikan, oleh karena itulah banyak orang yang merasa […]

Read More
Lifestyle

Mengulas perbandingan produk Nine ten dibanding Merk lain

Nine ten merupakan salah satu brand populer untuk produk kelengkapan olahraga. Tidak hanya sepatu saja produk unggulannya, karena masih banyak produk-produk terbaik lainnya. Merk lain yang memiliki kelengkapan produk yang sama berbeda kualitas dan harganya. Nineten justru lebih unggul dibandingkan produk merek lain tersebut. untuk memahami lebih jelas, berikut ulasan perbandingannya, antara lain : 1. […]

Read More