Gunung Es Terbesar di Dunia Terbentuk di Antartika, Ukurannya Hampir 4 Kali Kota New York

Bongkahan es raksasa telah terlepas dari tepi es Ronne Antartika ke Laut Weddell. Menurut European Space Agency, bongkahan es ini menjadi gunung es terbesar yang mengapung di dunia. Dilansir Guardian , gunung es yang baru 'lahir' tersebut dinamai A 76 oleh para ilmuwan.

76 pertama kali terdeteksi oleh British Antarctic Survey dan dikonfirmasi oleh US National Ice Center yang berbasis di Maryland, AS. European Space Agency kemudian merilis foto A 76 dalam situs resminya, . Foto tersebut merupakan gambar satelit yang baru baru ini diambil oleh misi Copernicus Sentinel 1, yang terdiri dari dua satelit yang mengorbit kutub, pada Minggu (16/5/2021).

Tampak lapisan es yang sangat besar dan lonjong, yaitu A 76. 76 berukuran hampir empat kali ukuran Kota New York. Luas permukaannya mencakup 4.320 km persegi (1.668 mil persegi).

Sementara itu, panjangnya yakni 175 km (106 mil) dengan lebar 25 km (15 mil). Sebagai perbandingan, total luas tanah dan air Kota New York adalah 1.213 km persegi. Sedangkan, pulau Mallorca Spanyol di Mediterania memiliki luas 3.640 km persegi.

Besarnya A 76 melebihi A 23A, yang berukuran sekitar 3.380 km persegi. Gunung es A 23A juga mengapung di Laut Weddell. Menurut para ilmuwan, pada awal tahun ini, gunung gunung es besar di Antartika telah mengancam pulau berpenduduk penguin di ujung selatan Amerika Selatan.

Pasalnya, pulau tersebut telah kehilangan sebagian besar massanya dan pecah berkeping keping. Lapisan es Ronnes di sisi semenanjung Antartika adalah salah satu dari beberapa lapisan es terapung yang terbesar, yang terhubung ke daratan benua dan meluas ke laut sekitarnya. Terpisahnya bongkahan besar es es secara berkala adalah bagian dari siklus alami.

Namun, beberapa lapisan es di sepanjang semenanjung Antartika telah mengalami kehancuran yang cepat dalam beberapa tahun terakhir. Para ilmuwan meyakini, fenomena tersebut kemungkinan terkait dengan perubahan iklim. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.