Eko Yuli Irawan Atlet yang Konsisten Menyumbang Medali Olimpiade Sejak 2008 lalu

Eko Yuli Irawan, lifter Indonesia peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 sedang hangat hangatnya dibicarakan dewasa ini. Selain berhasil mempertahankan medali perak Olimpiade, Eko disanjung karena tak pongah. Di Tokyo, Jepang, tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020, Eko meraih medali perak dari cabang angkat besi kelas 61 kilogram (kg) putra, Minggu (25/7) kemarin.

Total angkatan Eko seberat 302 kg. Medali emas direbut wakil Cina, Li Fabin dan medali perunggu menjadi milik lifter Kazakhstan, Igor Son. Hasil di Tokyo mengulang pencapaian pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Lima tahun lalu, Eko harus mengakui kekuatan lifter Kolombia, Oscar Figueroa. Eko Yuli membuktikan diri sebagai atlet yang konsiten menyumbang medali Olimpiade sejak 2008 lalu.

Eko mendapat medali perunggu di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London tahun 2012. Pada Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016, Eko meraih medali perak dan kini pencapaian yang sama ia torehkan di Olimpiade Tokyo 2020, yang baru digelar di 2021 akibat pandemi Covid 19. Keluarga sendiri meyakini Eko masih termotivasi untuk meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 nanti.

Hal ini disampaikan oleh Arif Hidayat, adik ipar Eko Yuli. "Saya yakin dia bisa meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 nanti. Apalagi pikirannya plong, tidak ada masalah dan sehat," ujar Arif. Eko sendiri memang sudah mengatakan kepada keluarga bahwa dirinya akan pensiun jika medali emas telah diraih, sembari menunggu regenerasi peraih medali bermunculan.

Meskipun usianya akan nanti mencapai 35 tahun. Arif meyakini konsistensi abang iparnya akan membuahkan hasil terbaik di Paris nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sport

Anthony Ginting Tak Sabar Berlaga di Indonesia Masters 2021

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting mengungkapkan bahwa kondisi fisiknya berangsur angsur membaik. Ginting sebelumnya mengalami cedera di bagian pinggang saat menjalani babak pertama Denmark Open 2021. "Pekan ini coba buat pemulihan usai tur Eropa kemarin. Jadi kondisi saat ini Puji Tuhan baik, lebih baik dari sebelumnya, dan doakan bisa lebih baik lagi," ucap […]

Read More
Sport

SEDANG TAYANG Live Streaming TVRI, Asa Fajar/Rian hingga Jojo Raih Tiket Semifinal Denmark Open 2021

Sedang tayang live streaming TVRI yang menayangkan pertandingan Perempat Final Denmark Open 2021, Jumat (22/10) mulai petang ini. Perempat Final Denmark Open 2021 masih menyisakan enam wakil asal Indonesia yang akan saling berjuang guna lolos ke babak berikutnya. Seluruh laga Perempat Final Denmark Open 2021 di court satu bisa disaksikan secara live TVRI dan streaming […]

Read More
Sport

Efek Domino Sanksi WADA, Bendera Indonesia Tak Berkibar di Podium Piala Thomas 2021, Nasib MotoGP?

Keputusan Badan Antidoping Dunia (WADA) yang menjatuhkan sanksi kepada Indonesia tampaknya bukanlah hal sepele. Hal ini mengingat ada dampak dan konsekuensi yang ditimbulkan akibat sanksi dari WADA tersebut. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA lantaran tidak mematuhi prosedur tes doping. Indonesia terancam sanksi karena tidak bisa memberikan laporan tes doping selama periode […]

Read More