Efek Domino Sanksi WADA, Bendera Indonesia Tak Berkibar di Podium Piala Thomas 2021, Nasib MotoGP?

Keputusan Badan Antidoping Dunia (WADA) yang menjatuhkan sanksi kepada Indonesia tampaknya bukanlah hal sepele. Hal ini mengingat ada dampak dan konsekuensi yang ditimbulkan akibat sanksi dari WADA tersebut. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA lantaran tidak mematuhi prosedur tes doping.

Indonesia terancam sanksi karena tidak bisa memberikan laporan tes doping selama periode tahun 2020/2021. Sanksi yang diterima oleh Indonesia salah satunya soal larangan pengibaran bendera Merah Putih di berbagai kompetisi. Salah satu dampaknya secara langsung akan terasa dalam gelaran Piala Thomas 2021 yang saat ini berlangsung di Aarhus, Denmark.

Indonesia saat ini sebenarnya telah berhasil meloloskan diri ke babak final Piala Thomas 2021. Kontingen bulutangkis Merah Putih akan menghadapi China dalam perebutan gelar juara Piala Thomas edisi kali ini. Sorotan akan tertuju saat momen setelah laga final dimana empat tim yang sudah lolos ke babak semifinal akan berada di podium juara.

Meskipun Indonesia akan berada pada podium juara Piala Thomas, bendera merah putih dipastikkan tidak akan berkibar. Bahkan sekalipun Indonesia berhasil menjadi juara, masyarakat tanah air akan disuguhkan pemandangan tidak biasa di podium. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera merah putih di ajang Piala Thomas 2021.

Bendera merah putih disebut akan diganti dengan logo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang bakal dikibarkan. Ancaman sanksi WADA juga sempat membuat khawatir terancamnya berbagai event yang akan digelar di Indonesia. Salah satu event yang sempat dikhawatirkan akan batal yakni MotoGP 2021.

Hanya saja kekhawatiran itu tampaknya tidak perlu dicemaskan berlebihan. Dilansir Crash , Indonesia dipastikan tetap bisa menggelar ajang balapan MotoGP 2022 karena agenda tersebut sudah dijadwalkan sebelum sanksi dijatuhkan. Alhasil dengan kata lain karena Indonesia sudah memiliki komitmen kerjasama dengan penyelenggara MotoGP sudah sejak lama maka balapan akan tetap berjalan sesuai rencana.

Terlepas dari hal itu, sanksi yang diberikan WADA memang sangat disayangkan oleh berbagai pihak di tanah air. Pihak Menpora pun dikabarkan masih terus menjalin komunikasi dengan pihak WADA agar ada titik terang terhadap permasalahan tersebut. Tentu menarik untuk melihat perkembangan usaha Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan dengan pihak antidoping dunia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sport

Anthony Ginting Tak Sabar Berlaga di Indonesia Masters 2021

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting mengungkapkan bahwa kondisi fisiknya berangsur angsur membaik. Ginting sebelumnya mengalami cedera di bagian pinggang saat menjalani babak pertama Denmark Open 2021. "Pekan ini coba buat pemulihan usai tur Eropa kemarin. Jadi kondisi saat ini Puji Tuhan baik, lebih baik dari sebelumnya, dan doakan bisa lebih baik lagi," ucap […]

Read More
Sport

SEDANG TAYANG Live Streaming TVRI, Asa Fajar/Rian hingga Jojo Raih Tiket Semifinal Denmark Open 2021

Sedang tayang live streaming TVRI yang menayangkan pertandingan Perempat Final Denmark Open 2021, Jumat (22/10) mulai petang ini. Perempat Final Denmark Open 2021 masih menyisakan enam wakil asal Indonesia yang akan saling berjuang guna lolos ke babak berikutnya. Seluruh laga Perempat Final Denmark Open 2021 di court satu bisa disaksikan secara live TVRI dan streaming […]

Read More
Sport

Kejuaraan Tinju Profesional Jakarta Big Fights XVI, Sunan Amoragam Hadapi Kostantinus Matakur

Promotor Tinju Internasional, Martin Daniel Promotions akan menggelar kejuaraan tinju profesional "Jakarta Big Fights XVI" 2021 di Studio 6 MNC, Jakarta, Sabtu (28/8/2021) mendatang. Gelaran itu akan menyuguhkan duel antara Sunan Agung Amoragam versus Kostantinus Matakur. Pada pagelaran kali ini Martin Daniel Promotions akan bekerjasama dengan Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI) sebagai badan pengawas pertandingan. […]

Read More