Ditangkap Otoritas Thailand 5 Bulan Lalu, 4 Nelayan di Bawah Umur Asal Aceh Akhirnya Dipulangkan

– Konsulat RI (KRI) di Songkhla berhasil memulangkan empat WNI nelayan di bawah umur asal Aceh Timur dari Phuket ke tanah air. Dalam pernyataannya, tim dari KRI Songkhla mengantar langsung para WNI hingga di Bandara Internasional Phuket, Kamis (9/9/2021). "Para WNI tersebut merupakan bagian dari 32 WNI nelayan KM Rezeki Laot asal Aceh Timur, yang ditangkap otoritas keamanan laut Thailand Selatan pada 9 April 2021 di Perairan Phuket, Thailand Selatan," ujar KRI Songkhla dalam keterangannya, Kamis (9/9/2021).

Kasus yang menimpa 32 WNI nelayan asal Aceh Timur ini ditangani langsung oleh Konsulat RI di Songkhla. KRI Songkhla memberikan pelayanan penerjemah, bantuan hukum, memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, hingga menjembatani komunikasi dengan keluarga. Berdasarkan penelitian dokumen, empat WNI tersebut berada dalam batas usia di bawah umur, sehingga kasus telah ditangani secara terpisah dengan 28 WNI nelayan dewasa, sampai dengan proses peradilannya di Phuket.

Hakim Pengadilan Anak dan Keluarga Provinsi Phuket akhirnya memberikan perintah kepada jaksa untuk memulangkan ke 4 WNI nelayan di bawah umur tersebut yang dinyatakan tidak bersalah dan dikembalikan kepada keluarga. "Adapun hak ke 4 WNI di bawah umur tersebut dilaksanakan sesuai undang undang setempat tentang Anak dan Keluarga, mulai dari penahanan, perubahan status penanganan sampai pada akses pendampingan psikologis anak serta pemeriksaan oleh Pengadilan Anak dan Keluarga," ujarnya. Keempat WNI di bawah umur itu diberikan kebebasan komunikasi dengan keluarga.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid 19, Konsul RI Songkhla mengajukan permohonan repatriasi kepada Pemerintah Thailand atas beban pemerintah RI. Dengan pertimbangan, agar keempat WNI tersebut dapat segera berkumpul dengan keluarganya di Aceh Timur. Hingga akhirnya dengan bantuan otoritas di Thailand, para WNI tersebut dapat dipulangkan pada Kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Ajudan Azis Syamsuddin Ungkap Pertemuan Bosnya dengan Eks Penyidik KPK Robin

Ajudan mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Azis Syamsuddin, Dedi Yulianto, mengungkapkan pertemuan bosnya dengan eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) AKP Stepanus Robin Pattuju. "Di BAP 14 Dedi Yulianto mengatakan 'saya pernah melihat beberapa kali Robin Pattuju di rumah Azis Syamsuddin. Seingat saya kronologisnya adalah pada awal tahun 2020 sekitar sore hari Agus […]

Read More
Nasional

SBY Ingatkan Ancaman Krisis Iklim Hingga Masalah Pangan di Dunia

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti masalah perubahan iklim yang melanda belahan bumi akhir akhir ini. SBY mengungkapkan bahkan sebagian kalangan menyebut bahwa saat ini telah terjadi krisis iklim. "Isu ketiga ini topik bahasan kita yaitu isu perubahan iklim, pemanasan global, dan tentunya pembangunan berkelanjutan. di banyak negara. Banyak yang mengatakan bahwa kita ini […]

Read More