Cara Mengatasi Body Roll Pada Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki kendaraan pribadi berarti Anda harus bersedia meluangkan waktu untuk melakukan pemeliharaan. Pasalnya, jika didiamkan begitu saja, kendaraan Anda bisa menghadapi banyak masalah. Tentunya, Anda tidak ingin melihat mobil kesayangan Anda, yang dibeli dengan memanfaatkan promo Pajero terbaru mengalami masalah ketika dikendarai, bukan?

Nah, salah satu masalah yang kerap muncul pada kendaraan adalah body roll.

Tahukah Anda apa itu body roll? Apa saja penyebab yang membuat mobil mengalami masalah tersebut? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Body Roll?

Body roll atau limbung adalah sebuah situasi di mana tubuh mobil terlempar di luar jalur yang sebenarnya. Sederhananya, mobil akan limbung saat berbelok atau melakukan manuver tajam saat berkendara. Setiap pemilik mobil harus mengetahui ground clearance agar mobil tidak sampai limbung.

Ground clearance merupakan jarak paling rendah dari komponen mobil ke permukaan tanah atau jalan. Dengan mengetahui jarak tersebut, Anda dapat menentukan kecepatan mobil saat berkendara di tikungan yang tajam. Selain itu, Anda juga bisa tahu cara mengatasi body roll pada mobil yang Anda rasakan.

Penyebab Body Roll

Ada dua penyebab utama yang membuat mobil jadi limbung, namun Anda hanya dapat menentukan penyebab yang muncul setelah mengetahui kondisi mobil. Berikut adalah penjelasan dua penyebab body roll pada mobil.

1.      Mobil Terlalu Tinggi

Penyebab utama yang membuat body roll pada mobil muncul adalah besar dan tingginya mobil. Biasanya, limbung terjadi saat ground clearance mobil terlalu tinggi. Anda dapat melihat limbung yang terjadi saat mobil sedang melaju dengan kecepatan tinggi dan berpindah jalur. Keadaan mobil akan tetap aman saat berkendara di jalur yang sama. Namun, saat berbelok atau berpindah jalur, bagian belakang mobil akan merasa berat saat mengikuti gerakan dalam perpindahan jalur.

2.      Bagian Suspensi Mobil Terlalu Empuk

Setiap mobil memiliki batas kecepatan masing-masing. Bagi Anda yang memiliki kecepatan mobil terbatas, Anda harus berhati-hati sebab kendaraan tersebut memiliki suspensi yang empuk atau lembut. Gaya sentrifugal akan muncul saat mobil dengan suspensi empuk melaju dengan kecepatan tinggi. Suspensi akan menjadi penopang dan mobil bisa terlempar dari chasis sehingga mengalami limbung.

Cara Mengatasi Body Roll Pada Mobil

Setelah menganalisis kondisi mobil, Anda pasti tahu apa yang menyebabkan mobil menjadi limbung. Namun jangan khawatir, ada dua cara mengatasi body roll pada mobil yang dapat Anda lakukan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.      Mengganti Suspensi Mobil

Apabila penyebab limbung kendaraan Anda adalah suspensi yang terlalu empuk, maka Anda dapat menggantinya dengan suspensi yang lebih keras. Gejala body roll akan berkurang dan mobil tidak akan limbung. Cara ini efektif untuk mengatasi limbung, namun sayangnya ia dapat mengurangi kenyamanan saat berkendara.

2.      Memasang Sway Bar Mobil

Cara mengatasi body roll pada mobil yang kedua adalah dengan memasang sway bar. Ia akan mengikat suspensi mobil bagian belakang di kanan dan kiri. Sway bar berbentuk seperti besi melintang di bagian belakang bawah mobil. Suspensi akan aman dan gejala dari body roll akan berkurang.

Pahamkah Kamu Cara Mengatasi Body Roll Pada Mobil?

Mengetahui mengapa mobil mengalami body roll akan membantu Anda menemukan penyebab limbung saat berkendara.

Seperti yang sudah dibahas di atas, cara mengatasi body roll pada mobil yang paling mudah adalah dengan mengganti suspensi yang lebih keras atau dengan memasang sway bar di bagian belakang bawah mobil. Pastikan penyebabnya benar sehingga Anda dapat mengatasinya dengan baik. Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Otomotif

Big Sale Mobil Toyota Raize !

Toyota Raize adalah salah satu model mobil SUV Toyota. Bermodelkan SUV 5 pintu ini merupakan hasil produksi Toyota yang bekerjasama dengan Daihatsu, dimana produk yang dijual oleh Daihatsu bernama Daihatsu Rocky. Merk Toyota Raize sendiri pertama kali dipasarkan di negara asalnya, Jepang, pada tahun 2019. Walaupun Toyota Raize menggunakan platform yang sama dengan Daihatsu Rocky, […]

Read More